Jumat, 30 November 2018

Adakah Manfaat Minum Jamu Setiap Pagi?

Minum jamu telah jadi rutinitas yang mendarah daging untuk penduduk Indonesia. Hampir setiap pagi kita temukan mbak jamu lewat di depan rumah kita, dan tidak sedikit pelanggannya ada disekitar tempat tinggal dan mungkin saja anda dan saya sendiri juga pernah minum jamu setiap pagi.

Akan tetapi, sebuah penelitian dari dr. Peter Canter serta Prof. Edzard Ernst dari Peninsula Medical, yang dikutip dari The Telegraph, mengutarakan jika sampai selama ini bukti klinis kuat yang bisa menunjukkan efektivitas jamu serta obat herbal untuk mengobati penyakit begitu hanya terbatas. Serta sebab kekuatan resikonya diduga semakin besar dari faedahnya, minimnya bukti medis ini bisa disimpulkan jika pemakaian obat herbal tidak direferensikan.

artikel terkait : agen foredi makassar

Beberapa ahli mewanti-wanti jika sangat sering minum bisa menyebabkan perut berasa sakit, dengan tanda-tanda serupa misalnya maag. Bila rutinitas sembrono minum jamu dilanjutkan, ini dapat menyebabkan perdarahan lambung, satu keadaan yang dikatakan sebagai NSAID-induced gastritis. NSAID-induced gastritis ialah rusaknya susunan mukosa lambung karena mengkonsumsi obat-obatan anti inflamasi non-steroid.

Mengapa seringkali minum jamu dapat membuat sakit perut? 

Umumnya jamu yang tersebar di market didapati sudah digabung dengan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) untuk kurangi perasaan pegal badan. OAINS-lah yang membuat badan kita berasa lebih lebih enak sesudah minum jamu. OAINS sendiri seringkali diresepkan menjadi obat untuk penyakit radang sendi, peradangan, serta penyakit jantung.

Pada susunan dinding lambung ada prostaglandin, zat pelindung manfaat serta keutuhan lapisan-lapisan itu. OAINS kerja mendesak produksi prostaglandin. Sedang pada lambung, prostaglandin mempunyai manfaat untuk menghalangi produksi asam lambung serta menjaga manfaat perbaikan susunan lambung yang rusak. Dengan begitu, mengkonsumsi OAINS otomatis jadi tingkatkan produksi asam lambung. Asam lambung berlebihan akan mengakibatkan kerusakan susunan pelindung lambung, jadikan lambung lebih rawan pada infeksi Helicobacter pylori.

Bila rutinitas mengkonsumsi OAINS ini tidak di stop, jadi bisa menyebabkan jelek pada lambung. Komplikasi yang seringkali ialah perdarahan lambung. Serta ini seringkali berlangsung pada kelompok umur diatas 60 tahun. Perdarahan lambung ini baru akan diakui oleh pasien saat muntah dengan isi lambung berwarna coklat kopi atau feses yang berwarna hitam lembek, serupa dengan aspal. Komplikasi lainnya yang seringkali muncul karena sangat sering minum jamu ialah terbentuknya lubang (perforasi) pada lambung.

Kadang, pada produk jamu spesifik tidak dituliskan dengan komplet kandungan yang berada di dalam jamu itu. Bahkan juga diperlukan kontrol laboratorium untuk temukan kandungan OAINS pada jamu itu. Misalnya pada tahun 2002 saat satu produk jamu diketemukan memiliki kandungan phenylbutazone, salah satunya OAINs yang poten.

artikel terkait : ladyfem makassar

Bijaksanalah dalam konsumsi jamu
OAINS mempunyai resikonya periode panjang yang cukuplah beresiko. Bahkan juga pada dosis rendah sekalinya, OAINS bisa memunculkan gastritis. Sebab Kamu tidak bisa tahu kandungan jamu yang Kamu minum, sebaiknya bila Kamu batasi minum jamu serta tidak membuatnya menjadi satu rutinitas untuk menahan terjadinya gastritis yang dikarenakan oleh OAINS.

Diluar itu, walau terbuat berbahan alami, semua rempah jamu ikut memiliki kandungan senyawa kimia yang punya potensi memunculkan resiko resikonya merugikan. Menjadi contoh, jamu daun singkong. Daun singkong diklaim menjadi tanaman yang kaya anti-oksidan alami penangkal kanker, akan tetapi di lain sisi daun singkong memiliki kandungan sianida dalam jumlahnya besar yang dapat punya potensi mematikan bila tidak di proses dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar